Mengapa Memilih Blogger Sebagai Platform Blog

Sehubungan ini merupakan postingan pertama jadi saya mau say hello dulu buat para pembaca sekalian, sering-sering berkunjung ya.
Mengapa Memilih Platform Blogger

Sesuai dengan judul di postingan pertama ini saya akan coba membahas tentang kegiatan ngeblog yang saya lakukan untuk mengisi waktu luang sekarang ini, dulu saya sempat bimbang dan kebingungan saat hendak memilih nama, niche/tema, bahkan kebingungan untuk memilih platform yang akan dijadikan media ngeblog, dan saya yakin pasti sobat blogger juga pernah mengalaminya, iya kan *hayoo ngaku saja, tapi di sini yang akan saya bahas adalah khusus pada kasus kebingungan dalam memilih platform dan untuk kebingungan-kebingungan lain mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Umumnya blogger atau calon blogger hanya mengetahui adanya dua platform yaitu Blogger dan Wordpress, padahal ada banyak sekali layanan penyedia blog yang bisa kita gunakan bahkan kebanyakan mereka juga memberikan layanan gratis, diantaranya ada Tumblr,Movable Type,Joomla, Posterous, LifeType, GetSimple, Multiply, mywapblog, Typepad, dan masih banyak lagi, walaupun tidak seterkenal Blogger dan Wordpress tapi penggunanya cukup banyak kok, memang sih hasil survey saya menyatakan dua platform tersebutlah yang merajai pasar blog tanah air, nah sekarang yang akan kita bahas adalah blogger.com, platform blog gratisan besutan Google ini telah lama mendapatkan "hati" dari para pengguna internet yang berniat menjadi seorang blogger, tentu bisa kita lihat mengapa Blogger lebih disukai ketimbang platform blog lain, hal ini terjadi tak lain tak bukan karena sang empunya platform ini sendiri adalah Google yang merupakan rajanya bidang teknologi,  hal ini pastinya menimbulkan pendapat bila apapun yang dipegang oleh google pastinya akan memberikan layanan yang terbaik kepada para penggunanya.

Hal tersebut terbukti dengan adanya blogger sebagai salah satu platform blog, dulu awal mula saya ngeblog adalah tahun 2010, saat itu saya menggunakan wordpress sebagai medianya dan tebak apa yang terjadi, gileee saya benar benar tidak mengerti dan memutuskan untuk berhenti ngeblog kala itu, beberapa bulan berlalu saya mencoba ngeblog lagi dengan menggunakan blogger.com dan yang saya rasakan google cukup memberikan kemudahan kepada blogger khususnya pemula untuk menjadi terbiasa dengan platform yang satu ini, selain mudah untuk terbiasa seorang blogger juga dapat dengan mudahnya memodifikasi template sesuai dengan keinginannya, dan untuk blogger pemula yang masih bingung dalam memodifikasi template tak usah kawatir karena sudah saya survey bila template blogger merupakan template yang paling banyak tersedia untuk didownload secara gratis maupun dibeli secara premium ( thanks buat para developer, terutama mas sugeng yang templatenya saya pakai dan saya modifikasi sedikit) sedangkan untuk wordpress dan platform lain sedikit saya melihat template-template yang dapat didownload secara gratis, selain itu pengaplikasian dan memodifikasi template pada wordpress jauh lebih ribet dibandingkan dengan blogger, jadi untuk tipe orang yang suka dengan kemudahan seperti saya disarankan menggunakan blogger saja.

Karena di atas itu merupakan pengalaman pribadi jadi di sini saya juga punya beberapa refrensi yang sudah saya kutip dari wikipedia.org tentang sejarah dari blogger itu sendiri jadi menurut wikipedia blogger.com merupakan layanan publikasi blog yang sudah berdiri sejak tahun 1999 dan yang membuat platform ini pertama kali bukanlah Google melainkan Pyra Labs barulah pada tahun 2003 diakui sisi oleh si empunya sekarang ini yaitu Google, jadi dulu itu sewaktu blogger masih dipegang oleh Pyra Labs layanan blogger masih premium dan dijadikan layanan yang sepenuhnya gratis oleh google, wah makasih banyak buat google ya sob.

Selain keuntungan-keuntungan tersebut ada lagi ni keuntungan lain yaitu banyaknya forum yang membahas seputaran blogger, dan adanya komunitas komunitas sesama blogger di indonesia, dan juga mungkin di daerah sobat juga ada komunitasnya (cuma saya belum ikutan komunitas sih), di forum dan komunitas tersebut sobat tentu bisa mendapatkan ilmu dari senior-senior yang sudah lebih dulu menggeluti dunia blog, yah walaupun sobat belum mengikuti komunitas (seperti saya sendiri )  tapi dengan adanya forum diskusi tentunya akan sangat membantu dalam memulai aktivitas sebagai seorang pengangguran blogger, dan di forum terebut juga sobat bisa membagikan pengalam serta tips seputar blog bila sobat merasa sudah waktunya untuk berbagi pengalaman seputar blogging.

Jadi inti dari tulisan ini bukalan menjatuhkan atau menjelekkan platform lainnya, tetapi hanya mencoba untuk mengulas sesuai kenyataan yang terjadi dilapangan, tapi bila sobat memang menyukai wordpress pakailah wordpress, bila lebih menyukai blogger pakailah platform tersebut, karena sejatinya kita hanya memerlukan kenyamanan sebagai hal yang utama, percuma toh bila menggunakan platform A hanya karena ikut-ikutan tapi sebenarnya lebih tertarik dan lebih mengenal platform B, tapi saya pribadi memang lebih menyukai platform ini.

Oh iya nantinya untuk postingan ini dan postingan saya selanjutnya mohon maaf bila ada kesalahan kata dan kalimat yang saya gunakan di blog saya ini, mohon dimaklumi saja karena saya memang tidak memiliki basic seorang penulis, dulu sih sering nulis cerpen dan puisi untuk dikirim ke portal berita, dan hasilnya war biasaa tidak ada yang direpost sama sekali. hahaha.baik mungkin cukup sekian yang bisa saya bagikan di postingan pertama ini semoga bermanfaat buat sobat semua.

↞Harap sertakan link sumber(aktif) bila ingin mempublikasikan ulang artikel ini↠

Monggo di share ➥➥➥

Facebook Google+ Twitter

Postingan terkait:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

> Komentar akan dimoderasi sebelum dipublikasikan
> Komentar link aktif, promosi, dan MLM tidak akan dipublikasikan